Jumat, 07 September 2018

IF CATS DISAPPEARED FROM THE WORLD



“Harus ada yang dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu”
Setelah sekian lama tidak muncul di blog hari ini aku kembali muncul dengan cat contain movie. You know I can’t say I don’t love cat, they just the apple of people eyes. Belakangan terlalu banyak kesibukan dan kebisingan yang belum bisa kuseimbangkan dengan benar di dalam kepala. Jadi, aktivitas menulispun jadi terbengkalai. Walaupun sebenranya menulis adalah heroin terbaik untuk mengobati jiwa yang gundah (?) hahaha.
Film yang rilis pada tahun 2016 ini pertama kali direkomendasikan oleh teman dekat sejak SMA. Ketika bertamu ke rumahnya setelah sekian lama tidak saling jumpa karna melanjutkan pendidikan di kota yang berbeda, ketika tengah nostalgia muncullah film ini. Kami memang sama – sama pecinta kucing, jadi segala cerita tenang kucing akan kami bagi dengan penuh suka ria (?)
Film ini menceritakan seorang pria (Sato Takeru) yang di Vonis menderita Tumor Otak stadium akhir yang kemudian diberi kesempatan untuk menambah satu hari untuk bertahan hidup dengan menghilangkan satu – persatu benada berharga miliknya. Hal ini terjadi ketika dia pulang dari bekerja sebagai pengantar surat, kemudian terjatuh dari sepeda dan di larikan kerumah sakit. Setelah divonis akan segera meninggal dalam waktu dekat, Takeru kemudian pulang dan di sambut oleh kucing kesayangannya serta seorang pria yang duduk di meja makannya. Seorang pria yang merupakan bagian dari dirinya yang menolak untuk mati.
Takeru yang begitu putus asa akan vonis dokter kemudian menjalani kontrak yang ditawarkan seorang lelaki yang menyerupai dirinya tersebut. Satu – persatu barang yangberharga di sekelilingnya harus di hilangkan demi memperlambat kematian menjemput. Separuh hatinya ketakutan  untuk menghilangkan kenangan penting dalam hidupnya separuhnya lagi menginginkan kematian tidak menyentuhnya secepat ini.
Hal pertama yang di renggut dari kenangan hidupnya adalah Telfon  genggam. Bagi Takeru telfon memiliki memori mendalam di masa lalu. Melalui telfon dia bertemu dengan seorang gadis yang begitu di cintainya. Di dalam telfon mereka hidup berdua; bertemu dan berbagi cerita. Sebelum telfon dihapus dalam kehidupannya, Takeru ingin menemui wanita yang pernah mengisi hatinya dulu sekali lagi.
Ke-dua, Film.
Hal yang pertama kali di ingatnya ketika mendengar vonisan dokter akan penyakitnya adalah berapa banyak film yang masih dapat dia tonton sebelum ajal menjemutnya? Sejak dulu Takeru hobi menonton film. Bahkan tidak ada film yang tidak dia ketahui dari segala macam Genre. Film juga yang telah membuatnya bertemu dengan seorang teman dekat yang selalu berada di dekatnya sejak di bangku kuliah. Mereka adalah dua orang yang saling memiliki satu sama – lain. Jika film di hapus dari bumi ini, apakah pria itu dapat mengingatnya sebagai sahabat?

Ke-tiga, dan yang paling terakhir. Kucing.
Berawal dari usianya yang masih duduk di bangku SD, Takeru menemukan se-ekor anak kucing yang diletakkan di dalam kardus dipinggir jalan. Takeru membawanya pulang dan meminta izin orang tuanya untuk merawat anak kucing tersebut. Meski memiliki awal yang sedikit sulit, anak kucing yang di berinama Ratesu  tersebut kemudian berhasil menjadi anggota keluarga ke-empat.
Demi menambah satu hari untuk bertahan hidup, Takeru rela mengahapus kennagan manis yang penting dalam hidupnya untuk memenuhi ke-egoisannya untuk bertahan hidup. Kematian begitu membuatnya mankutkan sehingga membuatnya rela menanggalkan orang – orang yang berada dalam ingatannya selama ini. Namun jika kucing menjadi hal berikutnya yang harus di hilangkan, apakah Takeru mampu?
Kucing adalah kenangan tearkhir yang ditanamkan ibunya dalam ingatan Takeru. Sebelum meninggal sang ibu menitipkan Kyabetsu(kucing) kepada Takeru untuk dirawat dan menjadi pendampingnya menggantikan kehadiran sang ibu. Dalam surat wasiat yang dituliskan oleh ibunya mengatakan bahwa Takeru merupakan anugrah paling besar dalam hidupnya, Takeru lahir melengkapi semua impian dan cita – cita yang selama ini dia miliki. Diakhir surat sang ibu menulis “ milikilah kenangan yang kau miliki saat ini selamanya.”

Menghilangkan ponsel dan film membuatnya terhapus dari kehidupan wanita yang sangat dia cintai dan dari hidup sahabat dekatnya. Seolah mereka tidak pernah bersama, seolah dia tidak pernah ada, seoralh dia tidak pernah ikut campur dalam kehidupan mereka.
Menghilangkan kucing tentu akan memberinya satu hari untuk kembali bertahan hidup, namun kenangan yang akan di renggut dalam dirinya jauh lebih bersar dari sekedar ingin bertahan hidup satu hari lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE INTERN REVIEW; EXPERIENCE NEVER GETTING OLD

Photo originally from alphacoders.com Experience never getting old, quote sempurna dari film The Intern yang melekat dengan baik di dalam ke...

POpular Post