Selasa, 02 Mei 2023

REVIE DRAMA MY LIBERATION NOTE

 



Sudah lama tidak update drama – drama Korea. Sibuk memenuhi kebutuhan perut yang harus selalu di isi penuh dengan makanan yang begizi. Jadi, sibuk menjadi babu corporat mencari rupiah. OKE SKIP!

My Liberation Note, merupakan drama 2022 pertama yang aku tonton diantara gemuruh kehidupan yang selalu saja mengganggu ketenangan jiwa. Selain para pemain yang udah tidak asing dimata, juga ide cerita yang cukup relate dengan kehidupanku pribadi. My Liberation Note menceritakan kisah 3 orang bersaudara dan seorang laki – lakia asing menjalani kehidupan mereka di sebuah kota kecil pinggiran Seoul. Berkisah tentang bagaimana mereka berjalan dan berdamai dengan kehidupan yang mengekang.


Dalam postingan kali ini, aku akan menjabarkan satu – per satu point yang aku dapat dari masing – masing tokoh;

  1. Yeom Mijeong; diperankan oleh Kim Jiwon

Anak terakhir dari keluarga Yeom. Bapaknya seorang pengrajin wastafel di Sanpo dna obunya hanya seorang ibu rumah tangga. Diusia yang sudah dewasa ke-tiga kakak beradik ini masih memilih tinggal bersama ke- dua orang tua mereka. Mijeong anak bungsu yang menurutku tidak pernah mengekspresikan dirinya, sebab itu mentalnya sering kelelahan. Mijoeng kecil tidak gampang menunjukkan rasa sedihnya, dia tumbuh menjadi anak perempuan yang benaknya penuh dengan uneg – uneg. Mijeong selalu berkata bahwa dia ingin bebas, dia merasa hidupnya terperangkap tapi tidak tahu terperangkap di mana. Menurutku Mijeong terperangkap dengan hidupnya sendiri; tidak mampu mengekspresikan diri karna orang tua yang (sedikitnya) masih mengatur banyak kehidupan anak – anaknya, pekerjaan toxic yang penuh dengan takanan, kurangnya apresiasi yang dia dapatkan sebagai seorang pekerja yang memiliki skill yang mumpuni. Masalahnya dengan sang mantan pacara juga menambah penat dalam hati Mijeong terhadap kehidupan bersosialisasi dengan manusia.

Sampai kemudia Mijeong bertemu dengan Gu. Seorang pria asing yang datang dan tinggal disamping rumah mereka. Gu tidak pernah menceritakan dari mana asalnya dan mengapa dia bisa sampai ke desa Sanpo dan bekerja menjadi karyawan ayah Mijeong di pabrik pembuatan wastafel. Gu sosok karakter yang misterius, jika di lihat Mijeong dan Gu memiliki kesamaan; sama – sama memendam uneg – uneg mereka dan hidup didalam sangkar penderitaan. Mak dari itu pertemuan mereka terasa begitu pas, mereka membutuhkan satu – sama lain untuk merasakan kehidupan.

  1. Yeom Gijeong; diperankan oleh Lee El

Anak pertama yang sudah tidak muda lagi. Gijeong merasakan tekanan sekeliling untuk dirinya yang sudah tidak muda lagi. Tekanan paling besar adalah pasangan hidup. Gijeong yang belum bertemu dengan Pria idaman merasa hidupnya hampa dan tidak memiliki progress apapun dalam hidup. Hal ini membuatnya bertekad akan mencintai siapa saja selama mereka mau menjalin hubungan dengannya. Aku pribadi sering menemukan fenomena ini di kehidupan nyata. Usiaku hampir menginjak kepala 3 pertanyaan "kapan menikah" sudah menjadi makanan sehari - hari. Sebagai manusia aku juga sering merasa down sama seperti Gijeong, tapi aku tidak setuju jika harus melakukan pernikahan yang putus asa. Karna seperti Gijeong yang kemudian bertemu dengan seseorang spesial yang ditakdirkan Tuhan untuknya, aku percaya bahwa pernikahan putus asa(aku sering menyebutnya begitu) bukanlah opsi yang tepat untuk diambil. Menikah bukan hal ikut - ikutan, menikah berarti membangun keluarga bersama orang asing yang kita percaya dapat menjadi teman hidup.

  1. Changhee

Anak kedua dan anak laki - laki satu - satunya dari keluarga Yeom ini punya mental baja dan juga jiwa pekerja keras. Namun dia selaku merasa dirinya not enough. Tidak cukup baik, tidak cukup sukses, tidak cukup kaya. Hal itu juga yang membuat dia memutuskan pacarnya (yang mana kelihatannya seolah his GF who dumped him). Sebagai anak laki - laki Changhee tidak banyak diberi rasa kepercayaan akan sesuatu yang besar, segala hal yang ingin dilakukan harus melewati persetujuan kedua orang tua. Jelas, ini tidak sepenuhnya buruk, tapi sisi negatifnya Changhee menjadi pribadi yajg tidak ekspresif, semua mimpinya terbengkalai sehingga dia menjadi sosok yang kerja keras tanpa ambisi. Dia tumbuh menjadi pria yang tidak pernah punya cita - cita tertentu untuk digapai. Tapi yang aku suka dari Changhee adalah Changhee berhasil menarik kesimpulan untuk hidupnya sendiri, ketika dia berhenti mengeluh dan melihat kesempatan apa yang diberikan kehidupan untuknya.

  1. Mr.Gu; diperankan oleh Son Suk Gu

Pria kaya raya yang melarikan diri setelah hidupnya dikhianati oleh kerabat bisnisnya sendiri. Gu melepas semua hidup mewahnya dan memutuskan untuk hidup di Sanpo. Secara tidak langsung Mijeong menjadi orang pertama yang menyeret Gu untuk turun di Sanpo dan kemudian menetap di sana dalam identitas yang dirahasiakan. Interaksi Gu dengan keluarga Yeom yang sebenarnya membuat Gu kembali merasakan kehidupan; makan bersama setiap hari, panen di kebun bersama - sama. Hidup Gu yang selama ini dipenuhi harta dan kesepian benar - benar terasa berwarna, hal itu juga yang membuatnya kembali menghubungi Mijeong.

 

Drama ini benar - benar seperti meresap ke dalam tiap - tiap individu penonton. Jalan ceritanya yang sangat relate dengan kehidupan nyata menjadikan Drama ini rekomendasi dari Kingdomku. Drama puitis yang cenderung tampak seperti dokumenter kehidupan sebuah keluarga.

Pokoknya kau juga harus nonton ya!!!

 

Salam hangat dari kerajaan yang jauh.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE INTERN REVIEW; EXPERIENCE NEVER GETTING OLD

Photo originally from alphacoders.com Experience never getting old, quote sempurna dari film The Intern yang melekat dengan baik di dalam ke...

POpular Post