Kamis, 15 Februari 2018

ROY KIM - ONLY THEN




Satu lagi lagu yang baru – baru ini menyita banyak waktuku sebelum tidur. Benar seperti kataku sebelum tidur banyak cerita yang terjadi dalam kepalamu. Mulai dari mengulang apa yang telah terjadi hari ini, apa yang sedang terjadi, sampai apa yang kiranya akan terjadi esok pagi ketika tepat membuka mata. Roy Kim –그때헤어지면돼(Only Then) rilis pada Februari 2018 lalu dan selalu saja berhasil memuaskan para Roy Rose. Lagu ini langsung menempatkan urutan pertama di tangga lagu real time melon chart.
Tidak diragukan memang jebolan super star K ini punya suara khas yang menenangkan jiwa. Kepiawainnya dalam bermain gitar juga menjadi nilai plus. Jadi, bagaimana dengan Only Then? Aku akan coba menulis interprestasi pribadiku di sini.
Only Then bercerita tentang seorang Roy yang sedang menjalani cinta jarak jauh. Namun, dia tidak bisa memberi kekuatan apapun didalam hubungan tersebut. Kekuatan disini adalah; menutup segala kemungkinan yang bisa saja terjadi ketika Roy dan sang kekasih berjauhan. Roy tidak berhak membatasi ruang hidup kekasihnya ketika mereka berjauhan. Tidak ada yang sulit dari cara mencintai seseorang dalam sebuah hubungan longdistance, kau cukup terus mencintainya seperti ini dari jauh, namun kau tidak bisa melarangnya untuk jatuh cinta pada siapapun selain kau saat kau tidak berada pada dunia nyata yang dia lewatkan.
네가 다른 사람이 좋아지면
내가 없는 익숙해지면
그때가 오면 그때가 되면
그때 헤어지면
Ketika kau menyukai seseorang yang lain.
Ketika aku sudah terbiasa tanpamu.
Ketika saat itu datang, ketika kita benar – benar menjadi seperti itu, pada waktu itu kita bisa dapat berpisah.
Ini bagian yang membuatku diam sejenak dan merasa Roy bijak sekali dalam hubungan longdistance. Bukan berarti tidak setia atau lainnya, Roy hanya tidak ingin mengikat kehidupan seseorang tanpa mampu hadir secara nyata di hari – harinya.
Dalam MV Roy terlihat sering menghabiskan waktu sendiri. Mengecek handphone berkali – kali ini bagian yang benar – benar terjadi pada longdistance. Dalam satu adegan Roy mengangkat telfon, berbicara, tertawa, kemudian menutup telfon. Termenung di samping bak cuci piring, renungannya lagi – lagi tentang bagaimana dia mempersiapkan diri karna우리 나중에는 어떻게 될진 몰라도 aku juga tidak tau akan bagaimana kita nantinya.
Banyak yang harus kau persiapkan pada sebuah hubunhan jarak jauh, kau harus lebih dulu belajar bagaimana cara menanggulangi masalah patah hati karna itu salah satu opsi yang sangat mungkin terjadi.
Dan lagi – lagi menekan rasa penasaran dengan apa yang sedang ia kerjakan, sedang dengan siapa dia, apa baik – baik saja? Pertnyaan – pertanyaan semacam ini benar – benar menyesakkan dada dan pikiran. penasaran semakin meningkat ketika dua orang yang menjalin hubungan dan berada berjauhan. Tapi, lagi – lagi seperti yang dirasakan Roy, bahwa dalam hubungan semacam ini kita masih punya hak untuk melirik orang lain. Longdistance adalah suatu hubungan yang paling besar dilemanya.




Aku pernah bicara dengan seorang teman Korea yang pernah bercerita bahwa dia pernah putus hanya gara – gara si pria harus pindah ke tempat yang memakan waktu 2 jam naik bus. Hanya Jarak seperti itu mereka tidak bisa mempertahankan hubungan dan memilih berpisah. Dan, kewajiban bagi setiap Pria untuk menjalani wajib militer selama dua tahun juga sering menjadi alasan banyak pasangan di Korea memilih untuk berpisah.
Ini lagu longdistance yang paling bijak yang pernah aku dengar. Ditambah suara Roy yang menghayati sekali membuat pendengar meresap masuk kedalamnya dan berenang di  sana.

posted by Azhari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE INTERN REVIEW; EXPERIENCE NEVER GETTING OLD

Photo originally from alphacoders.com Experience never getting old, quote sempurna dari film The Intern yang melekat dengan baik di dalam ke...

POpular Post