Jumat, 08 Maret 2024

5 REKOMENDASI FILM KISAH NYATA SEJARAH

 

Baik buku ataupun film selalu ada saja karya – karya luar biasa yang mampu membuat para penikmatnya takjub. Beberpa karya seni ini juga sering diangkat dari kisah sejarah asli. Dewasa ini begitu banyak cara untuk mengenalkan sejarah kepada seluruh rakyat dimuka bumi, buku dan film merupakan dua wadah yang paling sering digunakan.


Untuk mengisi akhir pekanmu cinema kerajaanku kembali dengan rekomendasi film – film menarik yang diangkat dari kisah sejarah. Tanpa buang – buang waktu lagi mari langsung saja kita lihat 5 rekomendasi film dibawah ini:

1.      DUNKIRK (2017)

Google Image

Film yang berlatar perang dunia kedua ini menceritakan kisah sejarah Operasi Dynamo atau juga sering disebut sebagai Evakuasi Dunkirk di tahun 1940. Merupakan evakuasi tentara sekutu di perang dunia II di lepas pantai Dunkirk Perancis. Operasi ini juga disebut sebagai evakuasi mukjizat karna pertahanan mereka yang terkepung oleh tentara Jerman Nazi. Para tentara terkepung dalam begitu banyak serangan dan ranjau yang dikubur di sekitar pantai. Evakuai ini bahkan melibatkan penduduk sipil Inggris untuk berlayar bersama bot – bot kecil mereka dari Inggris menuju pantai Dunkirk untuk menjemput para prajurit baik yang sudah terluka atau yang masih kokoh berdiri melawan serangan bom. Sepanjang film kita akan merasakan ketegangan para tentara yang terkepung di lautan bertahan hidup dan dehidrasi.

2.      HIDDEN FIGURE (2016)

Google Image

Kisah nyata ini diangkat dari tiga sekawan ahli matematika (Katherine Goble Johnson, Dorotyh Voughan, Mary Jackson) yang bekerja untuk NASA dimasa pertandingan antariksa antara Amerika dan Uni Soviet saat perang dingin. 3 figure ini merupakan wanita berketurunan Afrika – Amerika yang mana kita ketahui rasisme sering terjadi bagi masyarakat kulit hitam dimasa itu. Lewat film The Hidden Figure kita tahu bagaimana perjuangan 3 ilmuan cerdas ini berkontribusi untuk Negara dan melawan rasisme yang terjadi kepada mereka setiap harinya.

BACA JUGA: REVIEW DAMA JEPANG PERFECT WORLD

3.      THE IMITATION GAME (2014)

Google Image


Mesin Enigma adalah mesin yang digunakan untuk mengenkripsi dan menyampaikan pesan rahasia yang sering digunakan oleh militer Nazi Jerman di perang dunia II. The Imitation Game menceritaan kisah seorang ilmuan sekaligus pahlawan dunia Alan Turing yang mendedikasikan seluruh waktunya untuk memecahkan pesan rahasia Enigma hingga perang dunia II dapat di taklhukkan. Dibalik kecerdasannya tidak ada yang menyangka bahwa Turing merupakan seorang homoseksual dan memilih untuk mengakhiri hidupnya menggunakan sianida.

4.      CAPTAIN PHILLIP (2013)

Image Google

Captain Phillip merupakan mariner sipil Amerika bertugas mengemudi kapal – kapal dagang sipil atau federal. Phillip melakukan perjalanan bersama awak kapal maersk Alabama dari Oman menuju Mombasa Kenya dengan membawa barang – barang perdagangan dan bantuan makanan untuk Negara – Negara miskin di Afrika, ketika mendekati parairan Somalia pembajakan terjadi. Sebuah boat kecil berisi 4 orang pembajak asal Somali mendekati kapal raksasa Phillip dan berhasil naik. Mereka sempat menyandera awak kapal sebelum akhirnya menyandera Phillip seorang diri di dalam sekoci kecil yang terapung apung di laut lepas. Pembajakan ini terjadi tahun 2009 di perairan Somalia dan menyeret seluruh anggota khusus angkatan laut Amerika untuk menyelamatkan Phillip.

5.      A MILLION MILES WAY (2023)

Google Image



Kisah seorang anak petani imigran yang berhasil mewujudkan mimpinya menjadi seorang Astronot setelah belasan kali di tolak oleh NASA. Jose lahir dari kedua orangtua Mexico yang mengadu nasib ke Amerika dengan bertani, mengumpulkan uang untuk membangun rumah di kampung halaman mereka. Jose dan keluarga sering berpindah – pindah tempat hingga Jose tidak mendapat pendidikan yang layak, namun berkat seorang guru yang bersikeras untuk membujuk orang tua Jose untuk berhenti menjadi manusia nomaden karena khawatir akan pendidikan Jose. Mulai sejak itu Jose mendapat kesempatan untuk mengenyam pedidikan yang layak hingga berhasil menggapai mimpinya yang terasa begitu mustahil untuk seorang anak petani imigran sepertinya.

 

Sejarah merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari, karena sejarah merupakan bukti dari sebuah perjalana seorang manusia atau peradaban. Kita dapat berada pada hari ini dengan menikmati segala bentuk kemudahan adalah bukti dari sejarah yang menjadi jembatan untuk kita sampai dengan selamat di masa sekarang.  Sekian dulu rekomendasi dari kerajaanku yang jauh, sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

 

Salam hangat dari kerjaan yang jauh.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE INTERN REVIEW; EXPERIENCE NEVER GETTING OLD

Photo originally from alphacoders.com Experience never getting old, quote sempurna dari film The Intern yang melekat dengan baik di dalam ke...

POpular Post