Jumat, 07 Desember 2018

THE MARTIAN (2015)



Watney could be die just like that in Mars, somewhere that never can be friendly dwelling for human being. Accidently left alone by his co-workers make he deeply depressed. But, instead of dying slowly he makes up his mind and trying to build a living.
I was fascinated by the way Watney positively face his critical event. If I were him I’ll chose to be dying slowly or whatever which can’t bring me home. Leaving alone in inhabited planet, which is works differently from the earth can’t make me at ease at all, I need someone else to educate me to be in positive shape or thought, but Watney just educating himself alone and stand up. Through this movie I got a message that was said; every obstacle you will be face in life means solvable. God ain’t put you in some situation that you can’t solve by yourself. Every exam has its own answer. The key is don’t ever say you give up on something.

The Martian merupakan Film Sci-fi yang mengambil latar belakang Mars sebagai ide cerita. Sekumpulan Astronot Nasa yang menjalankan misi dari bumi menuju Mars tiba – tiba harus menghadapi badai pasir yang benar – benar tidak dapat mereka elakkan. Di saat yang bersamaan salah satud ari crew Mark Watney(Matt Damon) yang merupakan ahli botani di Nasa terhempas setelah terbentur benda keras yang melayang ke arahnya. Diluar keinginan para crew lainnya, mereka dengan terpaksa harus meninggalkan Mark.
Setelah beberapa saat kabar tersiar kepada Nasa bahwa salah satu crew mereka terhempas badai dan tertinggal di Mars, sedang Mark kembali terbangun dari timbunan debu dengan luka yang cukup serius di bagian perut.
Menggunakan keahliannya sebagai ahli tanaman, Mark membangun kebunnya sendiri dengan menggunaan kotorannya snediri sebagai pupuk. Dan kemudian bertahan hidup sampai beberapa Sol.


Tidak pernah menyerah
Hal positif pertama yang aku pribadi dapat dari sosok Mark adalah sifatnya yang pantang menyerah. Mark begitu menghargai anugrah kesempatan bernafas yang masih diberikan Tuhan kepadanya. Tanpa ragu dia bangkit sendirian di tengah – tengah lahan milik Tuhan yang tidak pernah di jamah oleh maklhuk hidup manapun sebelumnya. Hal postitif yang datang dari dalam dirinya merupakan satu – satunya kekuatan yang dimiliki Watney untuk bertahan hidup.  Watney beruasaha untuk tidak menjadikan ‘Mati’ adalah jalan terakhir untuk bebas dari Mars, meskipun pemikiran – pemikiran menakutkan akan kematian tergambar jelas di dalam kepalanya.
Kerja kerasnya untuk membangun kebun sendiri, dan kemudian mencari cara agar awak Nasa di bumi dapat menangkap komunikasi yang di lakukannya dari Mars adalah salah satu bentuk semangat hidup yang tidak ada duanya.

Awak kapal yang tidak hanya sekedar rekan kerja
Pwmimpin Nasa menolak memberi kabar pada awak kapal Watney yang sudah dalam perjalanan pulang ke bumi. Mereka memiliki 10 bulan lagi untuk sampai ke bumi, kembali menjemput Watney akan memakan waktu lebih banyak lagi bahkan bisa bertahun – tahun lamanya. Kebijakan sang kepala tidak di indahkan oleh Nasa lainnya. Banyak yang berpendapat bahwa awak kapal harus mengetahui bahwa Watney masih hidup dan tengah bertahan di tengah Mars yang begitu asinng dari bumi. Sampai akhirnya salah satu anggota Nasa mengirimkan pesan video yang meyatakan bahwa Watney masih hidup, seketika itu pula teman – teman seperjuangannya berembuk dan memutuskan untuk kembali menjemputnya.

Pengalaman adalah guru paling berharga
Setelah berhasil kembali dengan selamat, Watney masih mendedikasikan dirinya untuk Nasa. Dari pengalaman berharganya terdampar di Mars, Watney kemudian mengajar untuk kadidat – kandidat Astronot baru yang sedang mengikuti pelatihan dan pembelajaran. Pengalaman membuatnya lebih menghargai kehidupan, memeluknya dengan sukarela dan membagikannya kepada orang lain. Pengalaman membuatnya lebih kaya dari sekedar memiliki harta melimpah.

Well, bagi kamu yang suka dengan film berbau angkasa it could be your recommendation, for me talking about galaxy more than talking about romance story which happen magically. Selain ide ceritanya yang penuh dengan ilmu pengatahuan, aku juga penggemar beratnya Matt Damon. Until then have a good day~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE INTERN REVIEW; EXPERIENCE NEVER GETTING OLD

Photo originally from alphacoders.com Experience never getting old, quote sempurna dari film The Intern yang melekat dengan baik di dalam ke...

POpular Post