Sabtu, 30 September 2023

REVIEW BUKU; TIMELESS SEEDS OF ADVICE


 

IG @putriazhari26

Setelah sekian lama masuk ke dalam list yang ingin dibaca, buku ini berhasil tamat aku baca minggu ini. Penuh dengan pesan - pesan inspiratif dan bijak dari Nabi Muhammad SAW, para sahabat, imam, tokoh agama, dan para guru. Ketika kau diajarkan untuk lebih dewasa dan mendekatkan diri kepada sang pencipta saat membaca sebuah buku, hal itu kemudian menjadi momen paling indah yang kau simpan dalam memorimu selamanya.

Tiap - tiap nasihat bagus aku tandai dengan pulpen warna dan menjadi pesan untuk lebih memperbaiki diri di usia yang sudah tidak tua lagi. B.B. Abdulla berhasil menjadikan buku ini sebagai salah satu buku yang akan aku baca tiap tahun untuk terus mengingatkan menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk itu ulasan blog kali ini adalah beberapa kutipan yang aku suka dari buku ini. Here you go;

 

  1. So truly where there is hardship there is also ease; truly where there is hardship there is also ease.” (Quran 94;5-6)

Sebagai manusia aku tidak bisa memungkiri ketika banyak hari dimana aku meragukan semua masalahku akan berkurang atau menghilang, rasanya tidak ada ujung. Tapi kemudian aku sadar hal tersebut hanya akan membuatku tampak meragukan Allah, satu - satunya Tuhan yang aku percaya kekal dan maha penyayang.

  1. Do note lose hope not be sad (Quran 3:139)

Percaya bahwa Allah memberikan ujian kepada hambaNya bukan karena Ia benci, tapi karena Allah ingin mengasah hambaNya untuk dapat menuju tingkat yang lebih tinggi, yang lebih mulia. Sekeras apa badai yang sedang kita terpa jangan pernah menyerah, jangan pernah hilang harapan kepada Allah.


  1. The Quran teaches me that an incredibly wealthy man can be a failure (Pharaoh) and a homeless man can be successful (Prophet Ibrahim As). It teaches me that success has nothing to do with wealth and failure has nothing to do with poverty.

Setiap Orang berhak untuk gagak dan sukses. Hanya karena kamu berasal dari anak seorang petani maka kamu tidak berhak untuk bermimpi menjadi seorang insinyur? Allah menciptakan makhluknya dengan semua kadar rezeki yang cukup dari sejak kita lahir sampai kita kembali ke sang pencipta. Mimpi dan rezeki harus dijemput dengan doa dan usaha yang besar.

  1. Hold onto your salah because if you lose that, you’ll lose everything else.

Solatku belum sempurna, tapi menurutku pribadi bayangkan betapa sombongnya kau jika tidak pernah menunduk menyembah sang pencipta. Sang pencipta yang sudah memberikan oksigen gratis setiap hari, sang pencipta yang sudah memberikan segala nikmat dunia yang tak terbatas. Sisakan waktu beberapa menit untuk bertemu dengan sang pencipta, sulitkah ?

  1. Remembrance of Allah for the heart is like water for a fish; and what will be the state of the fish when it is separated from water?

Setiap kali solat, aku selalu memohon untuk menjadikan aku manusia yang hidup dan mati di dalam iman dan islam. God, please don't abolish me, make me a human being that always think of you in any kind of situation.

  1. As much as you fix your salah, your life will be fixed. If you are wondering why there is a delay in your sustenance, in your marriage, in your work, in your wealth, look into your salah, are you delaying it?

Sering sekali aku merasa "tertinggal" dari orang - orang sekitar. Ketika mereka sudah one step forward aku merasa aku terus jalan ditempat. Kemudian pertanyaan "mengapa" memenuhi isi kepala. Mengapa Allah belum memberikan aku X ? Y? Z? Kemudian aku sadar pertanyaanku terlalu banyak tanpa ingin tau apakah aku sudah koreksi diri ?

  1. This world is like a shadow; you run after it and you will never be able to catch it; turn your back against it and it has no choice but to follow you.

Mengejar Dunia tidak ada habisnya. Jangan sampai dunia membuatmu lupa akan akhirat, tipu daya dunia tidak akan menemani di hari akhir nanti.

  1. Live in such a way that those who know you but do not know God will come to know God because they know you.

Jika tidak bisa memiliki seseorang yang dapat memberi dampak yang lebih baik, jadilah orang yang bisa memberi dampak yang lebih baik kepada orang lain setiap harinya.

  1. If you are going through something hard and you start wondering where Allah is. Remember, the teacher is always quiet during a test. 

Percaya atau tidak ujian yang kita hadapi dalam hidup tidaklah memiliki tujuan selain untuk meningkatkan kualitas diri. Jangan pernah merasa sendiri, karena Allah selalu bersamamu di setiap langkahmu.

  1. The intelligent man has his tongue behind his heart. If he intends to say something, he consults his heart whether he should say it or stay silent. The foolish man has his tongue in front of his heart. If he intends to say something, he lets his tongue speak first.

Tidak ada untungnya berkata kasar untuk menyakiti perasaan orang lain. Berhati - hatilah dalam berbicara.

  1. Whoever comes to Me walking, I’ll go to him running.

Allah tidak pernah meninggalkanmu.

  1. Do not look for your self-worth in the eyes of people; look for your worth from within your conscience. If your conscience is at peace then you will ascend high and if you truly know yourself then what is said about you will not harm you.

Hanya penilaian Allah terhadap dirimu itulah yang terpenting.

  1. Live your life with this principle: be good even if you do not receive good, not because for others sake but because Allah loves those who do good.

Be Kind to everyone.


Buku ini memberikan banyak pelajaran dan renungan bagiku pribadi. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Salam hangat dari kerajaan yang jauh :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE INTERN REVIEW; EXPERIENCE NEVER GETTING OLD

Photo originally from alphacoders.com Experience never getting old, quote sempurna dari film The Intern yang melekat dengan baik di dalam ke...

POpular Post