Jumat, 15 Maret 2024

5 PENULIS DUNIA DENGAN KISAH HIDUP MENGEJUTKAN

 



ilustration from Pinterest


Siapa yang pernah menerka – nerka bagaimana sosok penulis yang bersembunyi dari karya – karya besar dunia yang saat ini masih beredar di seluruh toko buku sejagat raya? Apakah hidup mereka sebahagia kisah cinta yang mereka tunggakan di atas kertas dan menghipnotis begitu banyak orang? Atau hidup mereka penuh dengan kebohongan? Atau kesedihan?

Hari ini Azharikingdom akan kembali dengan cerita- cerita menarik perihal buku.

Tidak lengkap rasanya jika kau hanya membaca karya - karya seninya tanpa mengenal kisah hidup si penulis. Nyatanya, banyak kisah – kisah hidup para penulis yang mengejutkan setiap pembacanya.

  1. Virginia Woolf

Siapa yang tidak mengenal penulis cantik keturunan inggris yang satu ini. Buku - buku terkenalnya antara lain adalah Mrs. Dalloway, To The Lighthouse, A room Of One's Own. Banyak yang tidak mengetahui kisah hidup Woolf yang ditinggal pergi sang ibu untuk selama - lamanya ketika usianya 13 tahun. Woolf dan adik perempuannya kemudian diasuh oleh abangnya yang berusia 40 tahun, George Duckworth. Dari sosok kakak laki - laki inilah Woolf menerima begitu banyak pelecehan dan kekerasan seksual. Masa remaja Woolf dipenuhi dengan luka batin dan depresi yang mendalam. Bak luka segar disiram air garam, luka Woolf semakin menganga ketika Woolf kehilangan sang adik saat usia 15 tahun. Sepanjang hidupnya penulis legendaris dunia ini beberapa kali dirawat di pusat rehabilitasi untuk mengobati depresi yang dialaminya. Namun nasib berkata lain, Woolf memutuskan untuk untuk mengakhiri hidupnya di usia 59 tahun dengan lompat ke dalam salah satu sungai yang berada disekitar rumahnya setelah mengisi kantong jaketnya dengan bebatuan.


  1. Kurt Vonnegut

Penulis sekaligus veteran Amerika ini kehilangan sang ibu bertepatan pada hari ibu. Dang ibu ditemukan tak bernyawa setelah menenggak obat - obatan dalam jumlah yang cukup banyak. Cerita kelam ini lantas tak menghentikan langkahnya untuk melanjutkan hidup. Vonnegut kemudian bergabung pada kesatuan militer setelah 7 bulan kepergian sang Ibunda dan menjalankan tugas pertamanya pada perang dunia pertama. Sebagaimana perang membawa kita pada keberuntungan atau kesialan, Vonnegut sempat tertangkap dan menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam penjara. Dengan kepintaran dan Dewi Fortuna yang berpihak padanya, Vonnegut berhasil kabur dari penjara dan bersembunyi di rumah pemotongan hewan sampai akhirnya para tentara Rusia menemukan dan menyelamatkannya.

Beberapa rekomendasi buku Vonnegut antara lain: Player Piano,  A Man Without A Country, Mother Night

 

  1. Charles Dickens

Pernah hampir menjadi korban kecelakaan kereta api yang cukup besar di Staplehurst Inggris. Namun, yang menjadikan pengalaman ini lebih menarik dan terdengar sedikit gila adalah ini merupakan sebuah kecelakaan yang menimpanya saat Dickens dan selingkuhannya, Ellen Ternan, melakukan perjalanan bersama. Tak berhenti disini, kegilaan dari kisah hidup Dickens lainnya adalah pria ini kemudian bergabung bersama kelompok The Ghost Club, yaitu sebuah kelompok orang - orang yang terobsesi dengan dunia paranormal untuk memahami kehidupan setelah kematian setelah dia berhasil lolos dari maut.

Rekomendasi buku Dicken yang wajib dibaca antara lain: A Christmas Carol, Bleak House, Our Mutual Friend.

 

  1. Jk. Rowling

Untuk penulis yang satu ini mungkin tidak memiliki kehidupan gila seperti beberapa penulis sebelumnya, namun kisah suksesnya menjadi seorang penulis benar - benar menginspirasi banyak kalangan. Rowling mengawali kegiatan menulis pada tahun 90-an, saat itu Rowling hidup dalam taraf ekonomi yang sangat jauh dari rata - rata orang pada umumnya. Hidup pas- pasan dengan seorang anak bayi yang dibesarkan Rowling terus menulis sampai akhirnya Harry Potter seri pertama selesai. Siapa yang sangka bahwa penulis Harry Potter yang sangat terkenal itu mengawali karirnya dengan 12 penolakan dari 12 penerbit. Pada tahun 1995 seri pertama Harry Potter terbit dan menjadi batu loncatan pertama bagi Rowling dalam dunia menulis.

Beberapa karya Rowling lainnya: Harry Potter Series, The Casual Vacancy, The Silkworm, The Ickabog

 

  1. Stephan King

Hayooo siapa yang tidak kenal dengan penulis kawakan yang satu ini. Terkenal dengan beberapa karya besar yang sudah berhasil difilmkan King memiliki beberapa pekerjaan sebelum menjadi penulis kawakan, diantaranya adalah menjadi pekerja di pom bensin, menjadi tukang bersih - bersih, dan sempat bekerja menjadi tukang laundry. Novel pertamanya yang juga sudah berhasil difilmkan, Carrie, sempat ditolak sebanyak 13 kali dari 13 penerbit berbeda. Untungnya sang istri Tabitha terus - menerus menyemangatinya untuk tetap mengejar mimpinya dalam menulis meskipun saat itu mereka hidup dalam rumah trailer dengan dua orang anak yang masih balita. Seperti kata pepatah, hasil tidak pernah mengkhianati usaha, Carrie yang merupakan novel pertamanya dirilis dan menjadi batu loncatan untuk King dalam karir menulisnya.

Rekomendasi karya - karya King: Carie, It, The Stand, Misery, Fairy Tale,

 

Cukup menarik kehidupan beberapa penulis terkenal dunia diatas, bukan? siapa yang sangka bahwa mereka yang karyanya wara - wiri di toko buku dan bahkan sudah diangkat menjadi film memiliki kisah hidup yang tidak mudah. Pelajaran yang dapat ditarik dari kisah - kisah diatas adalah dibalik sebuah kesuksesan menyimpan begitu banyak pengorbanan dan penderitaan, jangan berhenti untuk melanjutkan hidup, siapa tahu angin akan membawa langkah kakimu pada takdir yang baik.

Salam hangat dari kerajaan yang jauh..

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE INTERN REVIEW; EXPERIENCE NEVER GETTING OLD

Photo originally from alphacoders.com Experience never getting old, quote sempurna dari film The Intern yang melekat dengan baik di dalam ke...

POpular Post