Minggu, 03 Maret 2024

5 REKOMENDASI NOVEL REMAJA

 

Halo semuanya, selamat datang kembali di Azharikingdom, kerajaan paling jauh yang menawarkan review bermanfaat setipa harinya. Ya… semoga saja apapun yang aku bagikan di sini dapat menjadi informasi yang bermanfaat, dapat meningkatkan minat baca bangsa kita yang sangat jauh tertinggal dibandingkan Negara- Negara asia tenggara lainnya.

Seperti yang kita ketahui membaca memiliki beberapa manfaat bagi mental dan fisik; dapat meningkatkan daya ingat, mengurangi stress, meningkatkan kemampuan literasi, dan dapat meningkatkan rasa empati dalam diri. Karna itu membiasakan anak – anak usia dini untuk terbiasa membaca bersama orang tuanya adalah salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan untuk para orang tua baru. Kegiatan membaca itu harusnya dilatih sejak usia dini hingga remaja.


Agar kegiatan semakin menarik, berikut beberapa novel anak dan remaja yang bisa kamu jadikan rekomendasi bacaan. Buku cerita anak juga asik untuk dinikmati oleh orang dewasa, lho. Karna buku cerita anak banyak mengajarkan nilai nilai bijak.

 

1.      WONDER

Siapa yang tidak tahu wonder, novel garapan R.J. Palacio ini sudah pernah di filmkan pada tahun 2017 yang diperankan oleh beberapa bintang papan atas seperti Julia Roberts  dan Owen Wilson. Bercerita tentang seorang anak usia  8 tahun bernama August yang lahir dengan keterbatasan fisik dimana Augie memiliki Facial Deformity yang mengharuskannya menjalankan home schooling diawal pertumbuhannya. Menginjak usia 10 tahun orang tua Augie memutuskan untuk mengirimnya ke sekolah swasta dimana dia akan bersosialisasi langsung dengan orang sekitar. Namun, keterbatasan Augie yang tidak seperti anak – anak lainnya membuat Augie banyak mendapatkan penolakan dan ejekan. Buku ini menceritakan bagaimana Augie melewati semua bulian dan rintangan dikehidupan sosialnya dengan bantuan teman dan keluarganya. Banyak nilai – nilai positif akan sebuah pertemanan yang diajarkan dalam buku ini.

2.      THE FALSE PRINCE

The False Prince merupakan buku pertama dari trilogy Accendence karya Jennifer A. Neilson. Novel ini menceritakan seorang pria tua yang mengangkat 3 orang anak untuk menjadikannya pangeran palsu di sebuah kerajaan. Ketamakan sang Pria tua yang ingin mengelabui seluruh Regent agar dia dapat mengeusai kerajaan nantinya ternyata menemui akhir yang sama sekali tidak terprediksi. Jaron, salah satu anak panti asuhan yang diangkat merupakan Raja yang sudah lama dikabarkan menghilang dari kerjaan tersebut. Apakah Jaron dapat merebut kembali tahta kerajaan melawan segala pengaruh jahat yang pernah menghabisi seluruh keluarganya. Buku ini menggambarkan semangat juang pengeran muda untuk mengambil kembali haknya, serta cinta abadi dua kasta yang berbeda.

3.      STOP; Misteri Topeng Hitam

Series yang satu ini juga sangat menarik. Hasil tangan penulis buku anak berkebangsaan German bernama Rolf Kamuczak atau juga dikenal sebagai Stefan Wolf. Kasus Stop merupakan serangkaian cerita pendek anak – anak yang menceritakan sekelompok anak remaja usia 13 tahun yang cinta akan pertualangan dan suka memecahkan masalah – masalah disekitar mereka. Nah, salah satu series yang aku baca adalah Misteri topeng Hitam. Dalam series ini diceritakan bahwa anak – anak STOP yang memecahkan ritual aneh dari sebuah perusahaan asuransi yang masuk diam – diam kerumah calon kliennya untuk membuktikan pada kliennya bahwa pengamanan dirumah mereka belum layak dan sudah seharusnya seluruh barang berharga harus diasuransikan. Namun, dibalik ritual tersebut kumpulan anak remaja ini malah menemukan rentetan kasus rencana perampokan yang lebih rumit lagi. Ceritanya cukup ringan, dengan pertualangan yang tidak riweh dan sukar dipahami, mengajarkan kekompakan tim dan rasa peka terhadap sekitar.

4.      THE LITTLE PRINCE

Siapa yang tidak kenal dengan buku anak melegenda yang satu ini. Termasuk kedalam koleksi buku klasik, The Little Prince ditulis oleh Antoine de Saint-Exupery yang terbit untuk pertama kalinya pada tahun 1943. The little Prince dikenal dengan buku anak yang mengajarkan banyak nilai – nilai bijak dalam hidup, mengantarkan jiwa anak – anak kita untuk kembali mengingat mimi – mimpi kita dimasa lalu. Buku ini mengajarkan kita untuk hidup menjadi diri sendiri, tidak perlu takut untuk menjadi berbeda, tidak perlu takut untuk menolak menjadi seperti orang kebanyakan, karna hanya ikan mati yang akan mengikuti arus, ikan yang hidup akan menentukan jalannya sendiri.

5.      THE BLISS BAKERY

Trilogy yang satu ini jadi salah satu sastra remaja favoritku. Pertama kali dibaca ketika aku duduk dibangku kuliah hasil dari pinjam dari temen yang juga hobi baca. The Bliss Bakery bercerita tentang sebuah keluarga yang memiliki toko kueh yang cukup terkenal dengan kue – kue lezat mereka. Yang orang tidak ketahui dalah resep kue mereka tidak hanya tepung, gula, dan garam tetapi juga halilintar dan beberapa mantra sihir lainnya. Buku fantasy yang sukses membuat imajinasimu lebih hidup. Jika kamu seorang pembaca fantasy aku yakin buku ini harus masuk ke dalam daftar bacaanmu.

Nah, berikut beberapa rekomendasi novel remaja dari perpustakaan kerajaanku. Terimakasih sudah mampir di kerajaanku yang jauh ini. Lain waktu aku akan memberikan review dan rekomendasi buku menarik lainnya. Perpustakaan kami akan selalu merekomendasikan kara – karya terbaik.

 

Salam hangat dari kerjaan yang jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE INTERN REVIEW; EXPERIENCE NEVER GETTING OLD

Photo originally from alphacoders.com Experience never getting old, quote sempurna dari film The Intern yang melekat dengan baik di dalam ke...

POpular Post